Rabu, 26 November 2014

Tinta Yang Tidak Terlihat

Menulis pesan rahasia atau kata sandi sering dilakukan dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh polisi intelegen atau agen-gen rahasia negara seperti FBI " kata sandi biasanyua hanya diketahui oleh dua orang atau hanya orang-orng tertentu saja. sandi yang digunakan berupa huruf atau simbol-simbol tertentu sehingga orang lain mengetahui
Dengan buah lemon kita kita dapat membuat pesan rahasia atau kata sandi tanpa hatus menggunaka huruf atau simbol tertenu, tetapi kita cukup menggunakan huruf biasa yang sudah dikenal orang, untuk membut pesan rahasia tersebut diperlukan beberapa bahan sederhana yaitu sari lemon, kapas pembersih atau tusuk gigi yang ujungnya dibulatkandengan kapas, kertqs putih, lampu baterai.
cara pembuatannya, mula-mula larutan sari lemon dalam air celupkan kapas pembersih kedalamnya. kemudian gunakan kapas tersebut untuk pesan yang akan disampaikan, diatas sehelai kertas. misal menulis kata "RAHASIA" setelah kering tulisan tersebu dan tidak terlihatsehingga pesan yang kita tulis tidak terbaca. bila kita ingin membaca atau mengetahui pesan tersebut, panaskanlah kertas dengan memanggangnya kedekat lampu/baterai yang menyala. maka akan terjadi semul tidaka terlihat menjadi nakpak berwarna hitampada kertas, akibatnya kita dapat mebaca pesan "RAHASIA"
Terjadinya peristiwa "tinta yang tidak telihat" diatas disebabkan didalam sari lemon mengandung persenyawaan karbon. persenyawaan tersebut hampir tidak berwarna bila dilarutkan dalam air. tapi, bila dipanaskan persenyawaan karbon akan menghasilkan karbon yang berwarna hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar